Senin, 26 Oktober 2020

Apa Hebatnya Khabib, Kok Heboh?



Gara-gara Khabib pensiun atau gara-gara petarung ini beragama Islam sehingga dia menjadi begitu layak diperbincangkan? Gue udah baca beberapa tulisan yang ngebahas dia. Mulai dari yang ecek-ecek sampai yang mayan dikit.

Tapi, coba pikir. Apa yang dilakuin si Rusia bukan hal hebat? Biasa aja. Emang di sekitar lingkungan lo kagak ada orang muda yang bisa jadi imam? Emang engga ada muslim yang engga minum alkohol? Emang engga ada orang yang bininya pakai niqob?
Gue kenal bapak tukang becak, dia pernah cerita tentang orang mabok. Suatu ketika, dia lagi ngaso di pinggir toko agak malem. Arah mau pulang. Gara-gara nganter penumpang agak jauhan, dia kecapean. Ngasolah bentaran. Katanya, dia kagak sadar pas ndolosor, di sampingnya ada orang lagi mabok. Dia ditawarin segelas anggur merah, penghilang haus kata si tukang mabok. Dia jawab, "Sorry Bro, gue kagak minum gituan."
Cerita si Tukang Becak kagak jadi viral. Biasa aja. Gue yang nanggapin, biasa juga. Gue juga bakal ngelakuin hal yang sama.
Atau ada kawan gue yang dikit-dikit bilang, Bismillah. Setelahnya dia bakal ngucap, Alhamdulillah. Engga jadi viral juga. Biasa aja.
Teman gue yang bininya pakai niqob engga pernah share mukanya juga di media sosial. Gue nanggepinnya, biasa aja.
Kalau semua yang dilakuin Khabib itu juga biasa dilakukan muslim lainnya, lalu hebatnya di mana?
Hebatnya adalah karena dia terkenal. Seorang superstar. Seorang petarung kelas kakap yang kagak pernah kalah, sampai dia pensiun.
Hebatnya, dalam dunia yang sejatinya bisa dia nikmati dengan hura-hura kayak si McGregor, orang ini malah membawa nilai-nilai Islam. Kentel pula, kek kuah rendang. Dia membawanya dengan terbuka bukan tertutup, sehingga nilai-nilai Islam yang sejatinya sudah indah makin bersinar karena efek kebintangan Khabib.
Orang kagak bisa cuma respek sama Khabibnya doang tanpa melihat asal muasal dari mana kepribadian itu dibentuk.
Itu adalah dakwah yang efektif. Orang-orang mulai melihat bagaimana Islam membentuk sebuah kepribadian. Khabib bawain sikap rendah hati tapi tidak rendah diri, lembut tapi menyengat, berani tapi tidak sombong. Dia kayak lebah, seperti biasanya seorang muslim digambarkan.
Orang-orang seperti kawan-kawan gue, meski baik dan bisa juga memberikan efek pada lingkungan, tidak akan seluas apa yang dilakukan Khabib. Orang akan melihat lebih dalam dan engga cuma personal doang.
Dalam pelajaran sejarah yang biasanya bikin gue bosen di kelas, gue sempat denger kalau Islam dulu disebarkan di Nusantara dengan cara berdakwah pada pemimpin, sama raja. Dalam sejarah masuknya Islam di Aceh gitu kalau engga salah. Demak juga sama kalau kagak salah juga. Raden Wijaya itu pangeran muslim yang bikin kerajaan Islam. Kalau salah, ya maklumin, gue dengernya sambil kriyep-kriyep.
Kaitannya gini. Orang-orang yang memiliki pengaruh akan mampu membawa dampak yang berbeda meski melalui hal-hal kecil yang sebenarnya hal lumrah. Itu engga akan terjadi jika dibawakan oleh orang biasa. Orang yang jadi raja, orang yang jadi superstar kayak Khabib.
Gue yakin meski kagak pernah melakukan penelitian. Pasti banyak yang tertarik dengan Islam, lalu mempelajarinya karena sosok Khabib. Orang-orang akan berpikir lagi jika ingin mengatakan kalau agama ini agama tukang bom. Mereka bisa berkaca pada pribadi Khabib yang luar biasa itu.
Oleh karena itu, gue dan lo-lo semua kudu belajar dari ini. Kayaknya kagak apa-apa berupaya jadi orang terkenal, asal bisa jadi kayak Khabib. Engga sekedar terkenal doang. Engga cuman bikin tulisan heboh tapi yang kagak ada faedahnya.
Tapi kalau mau sekedar terkenal, kencingin aja sumur Zam-zam. [kbm]
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Fans Page PKS Pelalawan

Arsip Blog

Curhat